Sabtu, 26 Maret 2016

CARA MUDAH MEMBUAT JALUR PCB MENGGUNAKAN SETERIKA LISTRIK

 
Membuat jalur PCB dengan hasil yang baik dan bagus merupakan harapan setiap orang baik yang baru belajar maupun yang menekuni bidang Elektronika tapi harapan itu terkadang tidak sesuai dengan yang kita harapkan apalagi bagi yang baru belajar. Untuk itu penulis  akan berbagi pengalaman bagaimana cara membuat jalur PCB menggunakan seterika listrik yang biasa kita pakai agar hasilnya menjadi bagus. 
Dan cara yang penulis gunakana selama ini sudah penulis uji cobakan baik kepada Siswa/I SMKN 3 MATARAM maupun kepada Santri  Ponpes MA Addiinul Qayyim Kapek Gunung Sari Lombok Barat dan hasil yang didapat sangat memuaskan dan sangat terasa mudah bagi Siswa maupun santri.
Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah:
1.awali dengan membaca “Bismillaahirrohmaanirrohim…
2.siapkan gambar jalur PCB yang akan dibuat, bisa menggambarnya dengan menggunakan software yang sudah umum di pakai seperti Eagle, Protel, DipTrace, PCB Expres, PCB Wizard dan software lainnya yang mudah dipergunakan. Penulis sendiri  masih menggunakan software PCB Wizard.:)
3.setelah selesai digambar kemudian siapkan kertas  bekas kalender tipis yang 6 bulanan atau menggunakan kertas belakang  stiker yang tidak digunakan atau menggunakan kertas Glossy putih polos atau menggunakan kertas mika yang biasa dipakai untuk OHP(kalau pakai kertas mika kurang maksimal hasilnya apalagi kalau jalurnya kecil 0,016inch ke bawah).
 
4.print hasil gambar tersebut dengan menggunakan printer Laser Jet pada kertas bekas kalender maupun kertas mika atau gunakan printer cair biasa pada kertas kwarto atau Follio kemudian hasil print tersebut difotocopy pada kertas mika atau kertas bekas kalender(biasanya sulit menemukan tempat fotocopyan yang mau mengcopy menggunakan kertas mika atau kertas Glossy).
 
5.hasil dari print menggunakan printer laser maupun mesin fotocopy kemudian dipotong untuk disesuaikan dengan PCB polos yang akan digunakan.
 
6.bersihkan minyak PCB yang menempel pada tembaga PCB polos dengan memilih salah satu cara yaitu:
1.dengan menggunakan sabun colek Wings, oleskan dengan rata sabun colek wings pada  permukaan tembaga pada PCB kemudian  digosok rata menggunakan spon kasar yang mirip karpet hijau hingga minyak yang menempel hilang. Untuk mengetahu hilang atau tidaknya minyak pada PCB polos bisa dilihat pada aliran air kran ketika membersihkan sabun yang digunakan pada permukaan PCB. Jika aliran air keran terlihat lancar pada permukaan PCB maka itu berarti minyak PCB sudah hilang tapi bila aliran air langsung membuat jalan sendiri pada permukaan PCB itu berarti olesan sabun tidak merata dan segera ulang kembali mengoles dan menggosok permukaan yang belum bersih dari minyak PCB tersebut hingga minyak PCB hilang dari permukaan tembaga PCB. Setelah busa sabun colek dibersihkan dari permukaan PCB menggunakan air, kemudian gosok permukaan PCB tersebut menggunakan tissu agar air yang pada PCB hilang.
 
2.dengan menggunakan amplas besi no. 0 yang biasa digunakan untuk membersihkan karat pada besi sebelum dicat. Gosok permukaan tembaga menggunakan amplas no. 0 tadi pada PCB dengan rata mulai pinggir sebelah kanan hingga kesebelah kiri. Menggosok permukaan PCB menggunakan amplas ini harus sampai rata dan yakin minyak PCB hilang. kemudian gosok permukaan PCB tersebut menggunakan tissu agar sisa gosokan pada  PCB hilang(gunakan masker agar debu tembaga dari PCB tidak terhirup oleh hidung). 
          
 
7.siapkan seterikan listrik dengan mengatur saklar putar pada seterika pada posisi “wool” agar hasil yang didapatkan bisa lebih bagus lagi atau atur saklar seterika pada posisi maksimal bila menggunakan seterika model lain.
 
8.tempelkan hasil dari print pada kertas kalender bekas atau kertas mika tersebut pada permukaan tembaga PCB dan atur dengan baik agar posis gambar terlihat bagus dan rapi.
 
9.setelah seterika terasa panas kemudian gosok ataupun putar pada kertas kalender maupun kertas mika yang sudah menempel pada permukaan tembaga PCB dengan rata. Usahakan memperbanyak gosokan pada pinggir gambar kertas yang ditempelkan tadi dengan ujung seterika karena biasanya gambar jalur pada pinggir kertas jarang yang menempel dengan bagus pada permukaan tembaga.
10.kalau sudah terasa sangat panas pada permukaan PCB dan gambar jalurnya sudah terlihat pada kertas yang ditempelkan maka segera hentikan menggosoknya sebab bila terlalu panas sekali akan menyebabkan permukaan tembaga pada PCB akan mengembang dan menghasilkan bunyi  “ngeleduk”. Ini seh hasil dari pengalaman saja. Hehe
 
11.setelah selesai diseterika kemudian PCBnya didinginkan dengan cara meng angin-anginkan pada kipas angin atau membiarkan dingin barang 1 menit agar tinta yang menempel pada permukaan PCB bisa melekat dengan baik.
 
12.setelah didinginkan kemudian PCB tadi rendam dalam wadah yang berisi air sambil digoyang-goyangkan dan bila kelihatan sudah mau terkelupas bisa ditarik kertasnya atau digosok secara perlahan menggunakan jari-jari tangan hingga kertas yang menempel pada PCB hilang. Disamping PCB direndam dalam wadah bisa juga langsung di siram dibawah keran air hingga kertas yang menempel bersih dari permukaan PCB dan tinggal menyisakan jalur dari tinta pada permukaan PCB(cara terakhir ini boros air)..
 
13.setelah kertas kalender bekas maupun kertas mika tadi bersih dari PCb kemudian permukaan PCB tersebut dibersihkan kembali dengan menggunakan keras tissu hingga sisa air yang menempel bersih pada permukaan PCB.
 
14.setelah airnya bersih kemudian siapkan pelarut PCB berupa FeCL3 secukupnya pada wadah plastik napan persegi maupun wadah plastik yang lain yang sudah dicampurkan dengan air secukupnya (lebih baik menggunakan air panas supaya lebih cepat prosesnya)agar PCB polos bisa masuk kedalamnya dalam keadaan horizontal atau tertidur.
 
 
 
15.setelah PCB dimasukkan dalam wadah yang berisi FeCL3 kemudian wadah tersebut digoyang-goyangkan hingga tembaga pada PCB polos bersih dan tinggal menyisakan bentuk jalur dari tinta printer maupun fotocopy  yang sudah dibuat.
 
 
16.bila tembaga sudah terlihat hilang dari permukaan PCB kemudian segera angkat PCB tersebut dari wadah FeCL3 tadi agar tidak merusak jalur PCB yang kita buat. Karena bila kelamaan direndam akan menyebabkan tinta pada jalur akan ikut larut dan menyebabkan jalur PCB menjadi rusak.
 
17.bersihkan sisa larutan FeCl3 tadi menggunakan air dari keran kemudian gosok kembali PCB tersebut menggunakan tissu hingga bersih sisa FeCL3 tersebut.
 
18.selesai dibersihkan dengan tissu kemudian hilangkan tinta yang berupa jalur  tersebut dengan menggunakan Thinner dengan cara menuangkan thinner tersebut dipermukaan PCB lalu digosok menggunakan tissu sampai tinta yang menempel bersih dari permukaan PCB(cara ini pemborosan serta hasilnya terlihat hitam) atau langsung gosok dengan penggosok serabut besi yang biasa dipakai untuk menggosok kerak pada tempat memasak nasi dan ini hasilnya malah lebih bagus lagi dan mengkilap.
 
 
19.agar PCB mudah disolder dan tidak mudah karatan maka gosokkan permukaan PCB tersebut menggunakan campuran “arpus dan thinner”. Kalau tidak punya campuran arrpus dengan thinner juga tidak apa-apa.
 
20.lakukan pengeboran dengan menggunakan mata bor dengan ukuran diameter 0,8mm atau 1mm pada PCB tersebut.
 
21.setelah selesai di bor maka komponen siap untuk dipasang pada PCB.
22.kalau sudah selesai baru Ucapkan  “Alhamdulilllah…”
Tulisan ini dibuat di ruang Guru sekaligus ruangan LITBANG guru TEI  untuk persiapan  PAMERAN TEKNOLOGI KARYA GURU dan SISWA SMKN 3 MATARAM untuk menyambut ulang tahun sekolah 2014.   (Alfuad Gapuki
trimakasih kami ucapkan kepada pak Wahyudi Ade Faliliy, SST atas info ttg sabun coleknya.

ini hasil dari para santri PONPES MA AD DIINUL QAYYIM KAPEK GUNUNGSARI LOBAR
lihat juga alat bantu menyeterika PCB yang praktis dan murah meriah pada link http://mataramkita.blogspot.co.id/2016/03/alat-bantu-menyeterika-pcb.html

Sumber http://mataramkita.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar