Sabtu, 26 Maret 2016

Tutorial Menggambar Rangkaian Dan PCB Menggunakan Software LiveWire Dan PCBWizard

Membuat gambar Rangkaian sekaligus gambar PCB yang mudah dan praktis merupakan idaman setiap para siswa yang baru menekuni bidang Elektronika baik yang bersekolah di Sekolah Kejuruan(SMK) maupun di sekolah Umum(SMA/MA). Untuk di SMK biasanya banyak software yang bisa dipergunakan seperti Protel, WorkBench,Proteus, Eagle, Livewire/PCBWizard dan lain sebagainya.

Dari sekian software yang tersebut yang menurut penulis paling mudah dan praktis digunakan walaupun tidak selengkap software yang lain adalah software Livewire/PCBWizard. Dan software ini sudah di uji coba pada anak-anak Robotik Smansa Mataram dan Santri MA Addiinul Qayyim Kapek Gunungsari.
Cara memulai menggunakan software ini terlebih dahulu baca "Bismillaahirrohmaanirrohiim" kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:
1.Instal terlebih dahulu software Livewire untuk menggambar rangkaian dan software PCB WIZARD untuk menggambar PCB.
2.Buka software Livewire dengan menklik iconnya 2x
3.kemudian akan tampil pada layar seperti dibawah ini
4.tampilkan Grid pada layar dengan mengklik kanan pada layar lau pilih icon grid dan klik show grid. Ukuran grid bisa dipilih sesuai selera masing-masing.
5.kalau mau background pada layar diganti menjadi hitam bisa dengan mengklik “currentFlow” pada sebelah kiri layar. Layar ini bisa berfungsi untuk melihat simulasi gerakan jalannya arus pada rangkaian yang kita buat.
6.untuk memilih komponen yang diperlukan dalam menggambar bisa dipilih pada menu gallery dengan mengklik tanda panah lalu mengklik komponen yang diperlukan.

 
7.untuk mempermudah dalam menggambar rangkaian nanti maka perlu kita ingat bagian pada galeri

8.sebagai contoh cobalah gambar rangkaian power supply yang sederhana dulu seperti pada gambar dibawah ini

9.kumpulkan komponen yang dibutuhkan lalu atur posisi komponen sesuai gambar rangkaian diatas. Sambung kaki komponen dengan mengklik icon “select tool” lalu klik pada salah satu kaki komponen kemudian ditahan lalu gerakkan ke kaki komponen yang lainnya.


10.kalau mau disimulasikan agar terlihat gerakan arus yang mengalir pada rangkaian bisa dikilik icon “run/start” pada pojok atas atau klik kanan pada layar kemudian pilih Simulation lalu klik Run  atau menekan tombol F9


11.kalau mau menghentikan simulasi tinggal klik icon “stop” disebelah kanan icon “Run”.
12.bila ingin mengkonversikan rangkaian yang telah kita buat ini ke PCB tinggal klik menu Tools kemudian Convert lalu pilih Design to Printed Circuit Board.
#agar bisa terkonversi, terlebih dulu Software Livewire dan PCB Wizard di simpan pada satu Folder, misalnya pada folder My Dokuments. klik 2x icon PCB Wizard hingga terbuka lembar kerjanya lalu lakukan konversi gambar yang telah dibuat.
kalau hasilnya belum sesuai dengan selera maka bisa dilakukan pengeditan pada lembar PCB Wizard tanpa mengedit pada lembar kerja Livewire..
13.klik tombol Next sampai keluar tombol Convert   lalu klik tombol Conver dan tunggu sampai computer melakukan Routers secara otomatis
  
    
 14.setelah selesai lalu klik tombo OK. Dari sini sudah bisa di edit kembali sesuai dengan selera masing-masing.
15.kalau mau menambahkan kompolen pada jalur gambar PCB tinggal memilih pada gallery dan cara mengeditnya persis sama dengan cara membuat rangkaian tersebut.
Pada saat mengedit untuk memindahkan posisi komponen biasanya garis jalur akan berubah menjadi warna hijau kecil, hapus saja garis tersebut dengan mengklik menggunakan kursor pada garis kemudian klik kanan dan pilih Delete.
Atau copy komponen yang akan mau diedit posisinya dan pindahkan sembarang saja kemudian hapus komponen tersebut agar garis jalurnya tidak berubah lalu posisikan ke tempat yang diinginkan atau bisa juga kalau mau diganti dengan komponen yang lain.
Untuk membuat garis pinggir warna biru atau circuit board bisa dengan mengklik icon blok Hijau diatas
Dan untuk membuatkan Polygonnya bisa dengan menggunakan icon blok warna merah pada atas layar dengan memblok seluruh komponen mengikuti garis warna circuits board tadi.
16.untuk memposisikan gambar PCB pada ukuran kertas yang akan kita gunakan bisa dengan mengklik menu View dan pilih “Page Layeout Preview” dan “Show Page Guides”.
17.untuk menggroupkan PCB dengan memblok gambar menggunakan kursor lalu klik kanan pada salah satu komponen lau klik kanan kemudian pilih “Arrange” dan pilih ‘Group”
18.untuk memperbanyak gambar PCB yang telah kita buat tadi dengan mengklik gambar lalu tekan tobol CTRL sambil ditahan dan pindahkan gambar tadi sesuai yang kita inginkan.
Tampilan NORMAL, Tampilan REAL WORLD dan Tampilan ATTWORK bisa dilihat pada gambar di bawah ini, tampilan ATTWORL ini yang kita print menggunakan kertas kalender tipis atau kertas mika untuk diseterika pada PCB.
  
Bisa juga pada posisi normal namun ketika memilih menu FILE >Print kemudian klik Solder Side Artwork.
# untuk membuat garis/jalur antar 2 kaki komponen seperti pada kaki IC maka terlebih dulu rubah garis grid/Snap menjadi 0,025 lalu gunakan gunakan garis ukuran width = 0,4mm saja tanpa merubah Gapnya atau klik kanan pada gari yang telah dibuat kemudian pilih properties lalu isikan pada kolom Width = 0,4mm. kalau lebih dari ukuran 0,4 kemungkinan garisnya bersambung dengan kaki komponen IC akan lebih besar.

Bagaimana cara memindahkan gambar PCB yang telah kita buat sekarang ke PCB menggunakan seterika bisa dilihat pada link berikut:
http://mataramkita.blogspot.sg/2015/01/cara-mudah-membuat-jalur-pcb.html#more
agar lebih paham silahkan di coba dan di otak-atik langsung. bila menemukan kesukaran dalam mencoba moga ditanyakan langsung di komentar atau lewat FB.hehe
Untuk Softwarennya silahkan cari di internet atau kirim email lwt inbox biar bisa dkirimkan softwarex. .......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar